Selasa, 08 Juli 2014

Pengalaman Pertama

Tiga tahun punya KTP, gue belum pernah sekalipun ikut nyoblos dalam pemilihan apapun. Karena memang saat umur 17 tahun, gue pindah ke luar kota buat nerusin kuliah. Males banget kan harus nyempetin pulang cuma buat nyoblos doang. Mending duit ongkos dipake buat beli makanan deh. Tapi, lain dengan Pilpres kali ini. Gue tiba-tiba antusias, tiba-tiba cari-cari informasi mengenai kandidat capres-cawapres, tiba-tiba gue ngecek nama gue di database KPU,  tiba-tiba ngajak temen-temen sepergaulan yang juga mahasiswa rantau untuk ngurus form A5, tiba-tiba gue ngerasa harus banget ikut nyoblos.

Bisa dibilang, gue ga nutup diri juga sih dengan hal yang berbau politik. Cuma selama ini gue berpendapat belum ada partai ataupun politisi yang bener-bener bisa bawa perubahan: gimana cara bikin biaya berobat yang bisa dicapai semua orang, gimana cara bikin transportasi yang bikin banyak orang mau ngegunain, gimana cara bikin harga bahan makanan ga naek pas mau lebaran, ongkos mudik, biaya sekolah, daaaaan banyak lagi. Karena gue yakin, hal-hal di atas ga bisa dilakuin sama satu orang baik, sedangkan kita tahu, susah buat percaya banyak orang yang betul-betul baik di partai-partai itu.

Nah, selama beberapa bulan ini, euforia pilpres gue lihat bukan hanya dilakukan oleh kalangan kelas menengah dengan SES A-B, tingkat pendidikan minimal S1 dan bertempat tinggal di perkotaan doang ( :p ). Gue sempet ngobrol sama banyak orang mulai dari Pak Dosen, Perwira TNI AD pas latihan buat SBC, sampai Bapak Becak waktu di pinggir jalan, Bapak Agen Bus waktu pesen tiket mudik, dan Bapak Kernet Bus yang lagi sepi penumpang. Semua ngomongin Pilpres.

Satu yang paling ngebekas adalah obrolan gue sama Pak Kernet Bus. Waktu itu, gue lagi perjalanan mau pulang ke rumah nenek, dari Solo gue harus 2x naik bus kota. Bua yang pertama gue naikin adalah bus yang ukuranya kecil. Biasanya, baru setengah perjalanan aja ini bus pasti rame sampe penumpangnya desek-desekan. Tapi hari itu ngga, gue udah kaya nyarter bus karena saking isinya cuma bertiga: gue, Pak Supir, Pak Kernet.
"Astaghfirullah, kok ya ra enek penumpang ki piye ya? (Astagfirullah, kok ga ada penumpang ini gimana ya?)" Kata Pak Kernet yang berdiri di deket pintu.
"Iya ya Pak, tumben biasanya rame," gue menimpali biar ada temen ngobrol.
"Lha iya tho, Mbak. Mau puasa kok sepi," Kemudian obrolan jadi panjang ngebahas gue asalnya dari mana mau kemana, kuliah semester berapa jurusan apa. Lalu Si Bapak nanya,
"Berarti Pilpres pulang ke Bogor, Mbak? Kalo di Bogor banyak yang milih siapa? Satu atau dua?,"
Pertanyaan si Bapak gue jawab dengan tawa, saat itu gue belum mikir ikut nyoblos atau ngga, apalagi milih siapa.
"Haha... Gak tau banyakan kemana, Pak. Kayanya sih sama aja," Lalu si Bapak cerita lagi, panjang.

"Kalo Solo pasti nomor dua, Mbak. Sejak dipegang Pak Jokowi, Solo berubah 100%,"
"Oya, Pak?"
"Loh ya iya... Kartu Sehat itu to Mbak, di kota lain termasuk kota mbak paling cuma berapa dapetnya kalo dicairkan. Di Solo bisa sampai 5juta. Itu yag bikin Pak Jokowi,"
Si Bapak terus ceritain pretasinya Jokowi di Solo. Gue jadi mikir, 'Bapak ini di awal obrolan masih ngeluh soal sepinya penumpang. lalu beberapa menit kemudian dia begitu optimis ngomongin seseorang yang bakal bawa perubahan secara nasional, terbukti dari kerjanya selama ini, hebat!'
Kesimpulan yang gue tarik dari obrolan sama Bapak Kernet tadi, gue bandingin dengan isu-isu miring mengenai Jokowi. Isu ga amanah lah, kemaruk kekuasaan lah, boneka lah. Gue yakin, yang ngebuat isu itu dan yang kemakan isu itu adalah orang-orang yang belum pernah tinggal di Solo atau Jakarta dan orang-orang kelas menengah ngehek yang belum pernah rasain susahnya mau berobat, dan susahnya mau bayar sekolah anak.

Hari-hari besoknya, gue semakin dibuat kagum sama Jokowi. Bukan karena visi-misinya (karena gue ga ngerti dan ga bisa bandingin mana yang lebih baik), tapi karena orang-orang baik non-partai yang mengelilinginya, dari banyaknya kampanye kreatif yang bikin gue tertarik, dan dari sikapnya dia ngadepin isu-isu murahan blekempen.

Pagi tadi, gue nyempetin sebut nama dia di doa gue. Bangun pagi terus mandi dan pergi ke TPS. Gue pengen ikut dalam perubahan. Gue pengen ikut dalam kebaikan yang dibangun oleh orang-orang baik. Gue pengen pilih Komandan buat orang-orang baik. Insya Allah...
Coblos giginya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar